Profil Dispora

Visi dan Misi

Memperhatikan dan mengacu pada visi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta 2013-2017, Tugas Pokok dan Fungsi, serta isu strategis maka Dinas Olahraga dan Pemuda sebagai perangkat daerah yang menangani Bidang Olahraga dan Pemuda maka Dinas Olahraga dan Pemuda merumuskan Visi sebagai berikut  :

"MEWUJUDKAN MASYARAKAT JAKARTA YANG BUGAR DAN PEMUDA YANG BERDAYA SAING"

Penjelasan Visi:
Proses untuk mewujudkan masyarakat Jakarta yang bugar tentunya harus mendapat dukungan dari berbagai pihak, agar visi tersebut dapat dipahami bersama secara operasional, maka pengertian kata masyarakat yang bugar  adalah sebagai berikut:  
  •  Masyarakat yang Bugar adalah masyarakat yang mempunyai kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa menimbulkan efek kelelahan fisik dan mental yang berlebihan.
  • Pemuda Berdaya Saing dalam bidang Kepemudaan adalah pemuda yang memiliki semangat kejuangan, kesukarelaan, kepeloporan, kepemimpinan, kewirausahaan, tanggung jawab, kritis, inovatif dan mandiri tanpa meninggalkan akar budaya bangsa Indonesia yang tercermin dalam kebhinnekatunggalikaan.
  • Berdaya Saing dalam Bidang Keolahragaan mengandung arti: “memiliki kemampuan berkompetisi yang dihasilkan melalui pembinaan dan pengembangan olahraga secara berjenjang dan berkelanjutan sehingga dapat berdaya saing di tingkat nasional dan internasional".


Dalam rangka mewujudkan dan menjabarkan visi tersebut di atas, maka Dinas Olahraga dan Pemuda akan melaksanakan misi sebagai berikut :
  1. Meningkatkan kualitas sumberdaya aparatur, ketatalaksanaan, pengelolaan keuangan,  perencanaan program dan anggaran serta pelayanan publik bidang olahraga dan pemuda.
  2. Mengembangkan olahraga pendidikan, rekreasi dan berkebutuhan khusus.
  3. Meningkatkan prestasi olahraga pelajar, mahasiswa dan kerjasama olahraga.
  4. Meningkatkan pemberdayaan pemuda, pengembangan aktivitas pemuda dan purna program serta kerjasama pemuda. 
  5. Meningkatkan prasarana dan sarana olahraga dan pemuda, pengawasan dan pengendalian.